"PEMERIKSAAN,PENAMBAHAN DAN PENGGANTIAN COOLANT"
"hy sahabat bloger berikut ini kita akan membahas tentang artikel mengenai pemeriksaan,penambahan dan penggantian coolant"*garis besar dari sistem-sistem pendinginan
Sebuah sistem pendinginan mesin mensirkulasikan coolant(cairan pendinginan) di dalam mesin dan mendinginkan mesin.coolant di panaskan suatu ia di dinginkan bagian dalam mesin.ia kemudian di dingikan oleh udara suatu ia mengalir melalui radiator.
sistem pendinginan air mendinginkan mesin dengan lebih efektif dari sistem pendingin udara alami dimana mesin di dinginkan secara langsung oleh udara sambil bergerak maju.
bermacam-macam jenis kendaraan mempuyai peyusunan sistem pendinginan yang berbeda,tapi secara prinsip,mempunyai komponen-komponen yang sama untuk mengoperasikan sistem.
- coolant: cairan yang mesin.sebuah larutan campuran yang dinamain LLC (long life coolant) dipakai.
- Pipa/slang besar /slang kecil air:saluran lintasan untuk coolant.
- tangki penyimpanan:menyimpan coolant untuk sementara setelah ia memuai akibat panas mesin.
- Radiator:menurunkan suhu coolant.
- Radiator fan:mempertahankan tekanan agar konstan pada lintasan pendinginan .
- Cooling fan:meningkatkan efek pendingin dari radiator.
- Pompa air:memompa coolant
- Thermostat:mempertahankan suhu mesin pada tingkat yang di tentukan sebelumnya.
- Fan switch:mendeteksi suhu coolant dan menghidupkan/mematikan coolant fan.
*Fungsi coolant dan masing-masing komponen
=>COOLANT
Coolant adalah campuran dari fluida radiator dan air suling.
coolant diperlukan untuk
- Mendinginkan mesin
- menaikkan titik mendidih
- menurunkan titik membeku
- mencegah karat pada bagian dalam mesin
*Pipa air/slang air/slang kecil air(water pipe/hose/tube)
Pipa air/slang air/slang kecil air berfungsi sebagai hubungan antara mesin dan sistem pendinginan,slang air kecil(water tube)dibuat dari karet sintetis yang tahan suhu tinggi.slang besar air(water hose)di buat dari karet sintetis yang tahan suhu tinggi dan tekanan tinggi.
*Tangki penyimpanan (reservoir tank)
Cairan pendinginan memuai suatu dipanaskan.tekanan didalam lintasan pendiginan bertambah suatu suhu coolant naik.suatu ini terjadi ,radiator cap memungkinkan sebagian coolant untuk melalui sphon tube (slang penyodotan) dan mengalir ke dalam tangki penyimpanan
Coolant yang telah mengalir ke dalam tangki penyimpanan akan kembali ke dalam radiator setelah tekanan di dalam lintasan pendinginan berkurang.
Tinggi permukaan coolant dapat di periksa dengan tanda-tanda UPPER dan LOWER pada tangki peyimpanan.
*Radiator
Radiator melepaskan panas coolant yang telah mendinginkan mesin ke dalam atmosfir
*Radiator cap
Radiator cap bukan hanya mencegah kebocoran coolant,akan tetapi juga berfungsi sebagai klep bertekanan (pressure valve) untuk menaikan titik mendidih coolant.klep bertekanan merapatkan dan menaikan tekanan dari lintasan pendinginan jika tekanan pada lintasan pada pendinginan di bawah nilai yang di tentukan sebelumnya.oleh karena itu,pelepasan radiator cap dengan mesin dalam keadaan panas adalah sangat berbahaya oleh karena coolant yang panas dapat meyebur keluar.
*Cooling fan
Cooling fan menurunkan suhu coolant.
pada pegendaraan normal,udara mengalir melalui permukaan radiator dan mesin mendapatkan pendinginan yang cukup,akan tetapi,pada pegoprasian mesin tertentu seperti suwaktu berhenti,suhu coolant akan naik dengan lebih mudah.cooling fan mengalir udara melalui radiator dan menurunkan suhu coolant di dalam radiator,beberapa cooling fan dijalankan oleh listrik dan di lengkapi dengan fan switch*(saklar kipas angin).
- Fan switch Fan switch mendeteksi suhu coolant pada radiator dan menghidupkan atau mematikan cooling fan bergantung pada suhu coolant.
*Pompa air
Pompa air menaikan tekanan coolant dan megirimkannya kedalam mesin.pompa air di kontruksi sedemikian sehingga sewaktu impeller berputar,coolant terkena gaya santrifugal yang menaikan tekanannya,poros pompa air di lengkapi dengan mechanical seal dan oil seal untuk meraapatkan coolant dan oil mesin.*Thermostat valve
Themostat valve memindahkan lintasan sirkulasi coolant tergantung pada suhu coolant agar supaya suhu coolant dapat di pertahankan pada tingkat yang sesuai.
[Hubungan antara suhu coolant dengan lintasan sirkulasi]
Suwaktu suhu coolant rendah,seperti segera setelah mesin di hidupkan,coolant bersirkulasi antara cylinder head dan cylinder block.sewaktu suhu coolant naik,termostat valve beroprasi sehingga coolant bersirkulasi melalui radiator.
[Prinsip pegoprasian thermostat valve]
Lilin tertutup rapat di dalam thermostat valve, klep-klep ini berkerja melalui pemuaian dan peyusutan lilin ini sewaktu suhu coolant mengalami perubahan , Uraian berikut ini menjelaskan bagaimanan thermostat valves yang khas beroperasi.
=>Jenis 1
Suwaktu suhu coolant rendah,gaya pegas bertindak pada valves(pellet),dan valve tidak bergerak ,setelah suhu coolant bertambah ,lilin yang memuai secara berangsur mendorong dan memperpendek pegas, sehingga valve bergerak
=>Jenis 2
Suwaktu suhu coolant rendah,gaya pegas bertindak pada valves sehingga valve tidak bergerak, sewaktu suhu coolant bertambah, lilin yang memuai mendorong spindle melalui fluid medium, Akan tetapi, oleh karena splindle ada kontak dengan rangka, maka pellet menurun, sehingga valve membuka.
*Pemeriksaan sistem-sistem pendinginan air
Pemeriksaan sistem pendinginan termasuk pemeriksaan tinggi permukaan coolant, pemeriksaan terhadap kebocoran coolant, dan pemeriksaan slang besar (hose) dan slang kecil (tube)
*pemeriksaan tinggi permukaan coolant
- Letakkan kendaraan pada standar tengah di atas permukaan mendatar
- Panaskan mesin
- Periksalah tinggi permukaan di dalam tangki peyimpan secara visual. tinggi permukaan coolant adalah normal apabila ia berada di antara permukaan coolant adalah normal apabila ia berada di antara tanda-tanda UPPER dan LOWER
- Periksa tinggi permukaan coolant dan tambahkan coolant apabila tinggi permukaan coolant di dalam tangki penyimpanan berada di bawah tanda permukaan LOWER, jika tinggi permukaan coolant berada pada atau di atas tanda permukaan UPPER, keluarkan sebagian coolant dari tangki penyimpanan.
*Penambahan coolant
Setelah memeriksa tinggi permukaan coolant, tambahkan coolant jika tinggi permukaan coolant di bawah tanda permukaan LOWER
Tambahkan coolant pada tangki peyimpanan, pakailah coolant yang di tentukan di dalam buku pedoman reperasi.
- Lepaskan part luar sehingga coolant dapat di tambahkan tanpa rintangan
- Buka tutup tangki penyimpanan dan tambahkan coolant sampai tinggi permukaan coolant berda di antara tanda-tanda permukaan LOWER dan UPPER
- Periksa tengki permukaan coolant sekali lagi dan periksa bahwa tinggi permukaan coolant berada di antara garis-garis permukaan LOWER dan UPPER
*Pemeriksaan terhadap kebocoran coolant
- Lepaskan part luar sehingga radiator tampa seluruhnya.
- periksalah secara visual terhadap kebocoran coolant.
(A).Tangki peyimpanan
- kebocoran akibat retak-retak pada tangki
(B).Siphon tube
- kebocoran retak-retak pada tube
(C).Radiator cap
- kebocoran dari permukaan ratapan
(D).Radiator
- kebocoran dari sambungan selang
- kebocoran dari baut pembuangan
- kebocoran dari sirip
- kebocoran dari sambungan (antara sirip dan inti atas,dan antara sirip dan intin bawah)
- kebocoran dari sambungan pompa air
- kebocoran dari main unit dan sambungan cover
(F).Pompa air
- kebocoran dari water pump air
- kebocoran dari sambungan yang di pasang dengan baut
- kebocoran dari mechanical seal *
(G).Slang air
- kebocoran dari sambungan slang
- kebocoran dari retak-retak pada slang
(H).Pipa air
- kebocoran dari sambungan slang
- kebocoran dari retak-retak atau kebocoran pada pipa
- kebocoran dari sambungan yang di cetak
(I).Cylinnder head
- kebocoran dari retak-retak dan sebagianya
- kebocoran dari permukaan penyatuan gasket
*pemeriksaan terhadap kebocoran coolant dari machanical seal dari pompa air* |
Mechanical seal mencegah kebocoran dari sejumlah besar coolant,tetapi kontruksinya tidak menutup rapat coolant seluruhnya. Bahkan dalam keaadan normal, sejumlah kecil coolant dapat bocor keluar, Bahkan walaupun ada tanda-tanda kebocoran di sekitar lubang pembuangan, mechanical saeal adalah normal jika tidak ada kebocoran coolant sewaktu mesin dalam keaadan hidup.
mechanical seal melumasi permukaan luncur dan menutup rapat coolant pada waktu yang sama dengan membentuk selaput tipis coolant. Bahkan walaupun ada tanda- tanda kebocoran kecil coolant di sekitar lubang pembuangan, mechanical seal berfungsi normal.
*pemeriksaan hoses/tube
Pastikan bahwa tidak ada hose (slang-slang)atau tube (slang kecil) yang memlintir atau patah. jika patah atau memlintir, hose atau tube tidak dapat memenuhi fungsinya, mengakibatkan gangguan kerja.
Pada waktu yang sama, periksa sejauh mana hose dan tube telah memburuk kondisinya.Hose dan tube dapat mengeras atau retak-retak setelah di pakai lama. Mereka harus di ganti tergantung sejauh mana mereka telah memburuk kondisinya.
*Siphon tube/overflow tube yang tertekuk
Jika volume coolant bertambah atau berkurang akibat perubahan pada suhu coolant,maka dapat terjadi nganguan kerja
gambar
[Pemeriksaan bahwa pita penjepit slang air telah di kencangkan dengan benar]
Sewaktu memeriksa selang air periksa kekencangan pita penjepit slang air, pita penjepit slang air di anggap telah di kencangkan dengan benar jika di keliling pita penjepit slang air kira-kira sama dengan diameter luar slang air
gambar
*Pembersihan dan perbaikan sirip radiator
Sirip radiator yang berdebu,berubah bentuk atau rusak mengurangi ujuk kerja pendingin an, dan mengakibatkan overheating.
Bersihkan debu pada sirip dengan mengunakan udara kompresor atau air. jika sirip berubah bentuk,perbaikilah dengan obeng.
*Pasang part luar yang telah di lepaskan pada posisi-posisi mereka yang semula.
PEMERIKSAAN KLEP
*Garis- garis besar mekanisme pengerak klep
Perputaran crankshaft di teruskan ke cramshaft melalui roda gigi reduksi (timming sprocket dan cam sprocket) dan cham cain. pergerakan perputaran ini menyebabkan bahwa masing- masing rocket arm mendorong terhadap valve stem, yang seterusnya mengakibatkan terbuka dan tertutup klep
*Jarak renggang klep
Antara ujung valve stem sekrup peyetel tappet ada jarak renggang, jarak renggang ini dinamakan jarak renggang klep. ia memberikan tempat bagi ekspansi thermal klep dan komponen yang berhubungan dan memungkinkan klep untuk menutup dengan rapat untuk merapatkan ryang pembakaran.
*Fungsi-fungsi komponen
Banyak komponen mekanisme penggerakan klep tergabung di dalam cylinder head. Oleh karena cylinder head terus menerus terkena suhu dan tekanan tinggi,ia di buat dari logam campuran alumanium yang mempunyai konduktivitas thermal yang baik sekali untuk mendapatkan efesiensi pendiginan yang lebih baik.Cylinder head mempuyai lubang pemasukan untuk menghisap campuran udara dan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran dan lubang pembuangan untuk megeluarkan gas hasil pembakaran ke dalam pipa knalpot. lubang pemasukan dan pembuangan pada bagian atas ruang pembakaran di buka dan di tutup oleh klep. pegerakan bolak-balik klep memungkinkan induksi campuran udara atau bahan bakar,perapatan ruang pembakaran,dan pegeluaran gas pembuangan.
Gambar di bawah ini memperlihatkan konfigurasi OHC.
konfigurasi cylinder head |
*Perputaran crankshaft dan camshaft
Timming sporcket di pasang pada crankshaft dan cam sporket pada crankshaft.kedua sporcket ini di hubungkan dengan cam chain, jumlah gigi pada cam sporcket adalah dua kali jumlah gigi dari timing sprocket.
Oleh karena itu,pada mesin empat langkah, camshaft berputar sekali semetara crankshaft berputar dua kali.Ini memungkinkan terjadinya langkah-langkah pemasukan, kompressi, pembakaran(daya)dan pembuangan.
*Penggerakan cam dan rocker arm
Camshaft mempuyai cam (bubungan)berbentuk telur padanya, major axis dari masing-masing cam adalah lebih panjang dari pada minor axis.Sewaktur cam berputar,rocket arm di dorong ke atas sesuai dengan perbedaan antara kedua axis(yang menimbulkan pengangkatan kleb).Masing-masing rocker arm di pasang pada sebuah poros rocker arm dengan mana ia di hubungkan pada cylinder head. Sewaktu cam berputar, rocker arm di dorong ke atas,sehingga ia berputar di sekitar poros rocker arm,yang merupakan poros perputaran.
WASSALAM DEKPON13
Thanks for reading & sharing REKAYASA TEKNOLOGI
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical